Social Icons

Pages

Rabu, 28 September 2016

Wisata Laut? Yuk ke Bunaken!

Bunaken merupakan sebuah taman laut nasional yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. 

Bunaken sendiri terletak dekat dengan bagian tengah Coral Triangle Atau Segitiga Koral dunia. Di bunaken sendiri terdapat kurang lebih 390 spesies terumbu karang yang tersebar di sepanjang wilayahnya. Selain itu banyak spesies ikan laut unik yang ikut mewarnai keindahan laut Bunaken.



Bunaken menjadi icon representative dari ekosistem laut tropis Indonesia. Pertama kali di nobatkan sebagai taman laut nasional pada tahun 1991 dengan luas area 890.65 km². 97% darinya merupakan perairan dan sisa 3% merupakan daratan yang sudah mencakup 5 pulau yaitu: Pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain dan  Siladen. Bagian selatan dari Bunaken mencakupi sebagian dari Pantai Tanjung Kelapa.







Jika ingin berlibur ke Bunaken kita dapat menggunakan kapal laut dari Manado dengan waktu tempuh sekitar 45 sampai 60 menit. Namun, ada juga kapal yang beroperasi setiap hari kecuali hari minggu yang berangkat dari kanal di bagian utara Pasar Manado. Untuk harganya sendiri dikenakan Rp. 50,000 untuk wisatawan asing/Turis dan Rp. 10,000 untuk wisatawan lokal, nampaknya ada sedikit perbedaan harga disini namun tak apa lah haha.


Bunaken itu terkenal dengan keindahan lautnya loh! airnya yang bening sangat disukai oleh para wisatawan asing maupun lokal. gimana enggak, kamu bisa ngeliat langsung terumbu karang dari atas perahu tanpa harus susah-susah menyelam kedalam... mungkin air minum rumah kamu belum tentu sejernih air laut disini haha :p

Biasanya waktu yang tepat untuk kemari itu pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober, kenapa? karena pada bulan November sampai pertengahan April itu biasanya sudah memasuki musim hujan.. so,  pastinya ga asik dong wisata ke pulau yang terkenal dengan pemandangan lautnya namun ternyata yang terlihat hanya hujan.. hujan.. dan hujan... jadi check ur calendar guys!

Enaknya kalau di Bunaken tuh kita Diving... diving.. dan diving... karena memang serunya tuh disitu! tapi hal yang bisa kita lakukan disini bukan cuma diving loh! kita bisa melihat paus secara langsung dengan menyewa perahu lokal atau perahu privat kamu sendiri (cih dasar) haha. Kapan lagi kamu bisa ngelihat ikan paus yang terkenal GUEEEDEEE itu dengan mata kamu sendiri... Kita juga bisa memancing ikan loh~ bilang aja sama warga sekitar nanti dikasih sarana untuk mancing dengan perahu warga setempat. 

Ngomong-ngomong soal diving... disini banyak lokasi diving yang terbilang khusus untuk penyelam advanced atau yang sudah jago loh, dikarenakan banyaknya palung laut yang dalam dengan tekanan airnya yang mungkin terlalu besar untuk kalangan pemula.. eitss jangan sedih dulu.. banyak juga kok lokasi diving yang sesuai untuk para pemula... atau kalau kalian takut nyelem yaa snorkeling aja~ :D kan biasanya dikasih rompi pelampung supaya kamunya engga tenggelam gara-gara kecapean berenang :P cost untuk diving sendiri sekitar Rp. 400,000, cukup fantastis yah? ya memang bunaken ini salah satu resort wisata bawah laut yang terbilang cukup mahal... jadi kurang cocok kali yaa buat para backpacker? *bukan berarti rasis loh, tapi memang harga yang di tawarkan cukup tinggi dan merogoh kocek para traveler.

Kalau soal makanan yaa pastinya berhubungan dengan ikan... wong kamu ada dekat dengan laut itu sendiri :/ , minuman... hmm disini kamu bakal susah nemuin air ledeng atau air yang biasa kita masak dirumah karena disini mayoritas menggunakan air botolan (a*ua,) bahkan teh dan kopi disini dimasak dengan air botolan.. *wah boros yah?

So akhir kata kalau kalian emang punya uang untuk berlibur, engga ada salahnya kamu coba dateng ke Taman Nasional Bunaken.. dijamin kamu bakal berasa di surga... surga laut tentunya haha :D

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Bunaken_National_Park, http://wikitravel.org/en/Bunaken

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates